Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Pages

Nama Nabi dan Rasul Allah Beserta Tugasnya


Pengertian Iman Kepada Nabi Dan Rasul Allah SWT
Iman kepada Rasul artinya meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus orang-orang pilihan dengan tugas membimbing dan mengajarkan wahyu kepada umatnya menuju jalan kebahagiaan sejati di dunia dan di akhirat. Rasul adalah orang pilihan Allah SWT yang diberi wahyu untuk disampaikan kepada umatnya. Rasul manusia biasa yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT. Mereka juga hidup layaknya manusia biasa, memerlukan makan, minum, dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Seseorang yang beriman kepada Rasul Allah akan senantiasa mengamalkan dan meneladani semua sifat dan perilaku yang ada pada Rasul Allah SWT tersebut. Kita harus meyakini dengan sepenuh hati bahwa ajaran yang disampaikan benar-benar berasal dari Allah SWT.


Sifat-Sifat Wajib Rasul Allah SWT

Rasul manusia pilihan Allah memiliki sifat untuk menunjang dakwah yang mereka emban kepada seluruh umatnya. Seorang Rasul selalu berhati-hati dalam bertindak dan berperilaku, karena mereka adalah teladan yang mengemban amanah yang mulia dari Allah SWT. Sifat-Sifat tersebut adalah sifat yang wajib ada padaRasul Allah, yaitu sebagai berikut :
  1. Siddiq, siddiq berarti jujur. Nabi dan Rasul utusan Allah SWT merupakan manusia yang jujur. Mereka menyampaikan apa yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada umatnya. Tidak ada risalah atau syariatyang disembunyikan atau tidak disampaikan kepada umatnya.
  2. Amanah, berarti dapat dipercaya. Nabi dan Rasul memiliki sifat amanah. Oleh karena Nabi dan Rasulmemiliki sifat jujur, mereka dapat dipercaya. Kejujuran yang dimiliki oleh Nabi dan Rasul menyebabkan mereka dipercaya. Mereka menjaga dan melaksanakan amanah yang diterima kapan pun dan di mana pun berada.
  3. Tablig, Rasul Allah SWT dikaruniai sifat tablig yang berarti menyampaikan. Apa yang diterima dari Allah SWT disampaikan kepada umatnya. Rasul tidak mengurangi sedikit pun perintah yang diterima dari Allah SWT.
  4. Fatanah, Rasul Allah SWT memiliki sifat Fatanah yang berarti cerdas. Dalam menjalankan dakwah,Rasul sering menemui halangan dan rintangan. Halangan dan rintangan harus dihadapi dan dicarikan jalan keluarnya. Diperlukan kecerdasan dan kejernihan pikiran agar dapat keluar dari tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu Allah SWT mengaruniai Nabi dan Rasul-Nya sifat Fatanah.



Nama 25 Nabi Dan Rasul :
1. Adam AS.
2. Idris AS.
3. Nuh AS.
4. Hud AS.
5. Soleh AS.
6. Ibrahim AS.
7. Luth AS.
8. Ismail AS.
9. Ishak AS.
10. Yakub AS.
11. Yusuf AS.
12. Ayub AS.
13. Sueb AS.
14. Musa AS.
15. Harun AS.
16. Zulkifli AS.
17. Daud AS.
18. Sulaiman AS.
19. Ilyas AS.
20. Ilyasa AS.
21. Yunus AS.
22. Zakaria AS.
23. Yahya AS.
24. Isa AS.
25. Muhammad SAW.

Nabi yang mendapat julukan Ulul Azmi atau nabi/rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan kenabiannya :
1. Nuh AS.
2. Ibrahim AS.
3. Musa AS.
4. Isa AS.
5. Muhammad SAW.

Dalam Islam terdapat 4 orang rosul yang wajib kita ketahui, yaitu antara lain :
1. Musa AS. (Kitab Suci Taurat)
2. Daud AS. (Kitab Suci Zabur)
3. Isa AS. (Kitab Suci Injil)
4. Muhammad SAW. (Kitab Suci Al-Qur'an)

Keterangan : Injil agama islam berbeda dengan injil pada agama kristen dan katolik.


Tugas-tugas Rasul Allah swt.
     Rasul diutus oleh Allah swt. dengan mengemba tugas-tugas yang sangat mulia. Adapun tugas-tugas rasul adalah sebagai berikut.
·         Rasul membimbing umatnya menuju jalan yang benar agar mendapat kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
·         Semua rasul menyampaikan ajaran tauhid, yakni mengesakan Allah SWT. Adapun peraturan agama (syariat) yang dibawa mereka berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi umatnya saat itu.
·         Kehadiran rasul untuk membawa kebenaran, kabar gembira, dan memberi peringatan kepada umatnya agar mereka menjadi umat yang beriman kepada Allah SWT. Dengan demikian, mereka akan hidup bahagia, baik di dunia maupun di akhirat kelak.







Terima kasih telah membaca artikel tentang Nama Nabi dan Rasul Allah Beserta Tugasnya di blog Tempat Berbagi Ilmu jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template